Senin, 12 September 2011

TKIT


Written by Nyayu Dian Latifah   
Pekan tematik yang biasa disingkat PETIK merupakan kegiatan tahunan PG, TK serta SDIT AL-FURQON, dilaksanaknan pada bulan April, pada tahun ini PETIK dilaksanakan pada tanggal 5-16 April dan puncak acara dilaksanakan pada hari sabtu tanggal 17 April. Kegiatan PETIK bertujuan pemahaman materi pada suatu tema, pemanfaatan barang bekas, menggali kreatifitas anak serta menjalin silaturahim antara pihak sekolah, wali siswaserta sekolah-sekolah yang bisa mengambil manfaat dari kegiatan ini.
Kegiatan ini dimulai dari pengumpulan barang bekas, yang berasal dari wali siswa, barang bekas tersebut bisa berupa apa saja yang dapat dimanfaatkan dan menjadi suatu benda yang tentu lebih bermanfaat seperti kardus, botol/cup bekas minuman mineral, kertas Koran, kaleng/kotak susu, gabus bekas dan banyak lagi.



 Kemudian barang-barang bekas tersebut dibentuk menjadi suatu benda yang berhubungan dengan tema PETIK pada tahun ini. Adapun tema besar PETIK di TKIT AL-FURQON pada tahun ini adalah: KNOWLEDGE IN KINDEGARTEN. Dimana tema ini disuaikan
dengan area masing-masing kelas. Misalnya PG mendalami tema mobil sehingga membuat kelas PG menjadi KOTA MOBIL, Little Ant One yang merupakan kelas Art mendalami tema BEAUTY & ART, Little Ant Two yang merupakan kelas gym mengambil tema I LOVE SPORT, tidak ketinggalan Kelas Little Ant Three yang merupakan kelas math mengambil tema I CAN DO MATH, begitu juga dengan kelas Little Bee One yang merupakan kelas language mengambil tema KAMI SENANG MEMBACA, Little Bee Two yang merupaka pusat science di TKIT AL-FURQON mengambil tema SAINS ITU MENYENANGKAN, dengan semangat kelas Little Bee Three mengambil tema RESTO & BAKERY yang mana pada keseharian kelas ini merupakan kelas cooking, terakhir kelas Little Bee Four yang merupakan kelas multimedia mengangkat tema SEE THE WORLD WITH MULTIMEDIA. Subhanallah.
Sesuai dengan temanya kelas PG menyulap kelas mereka menjadi KOTA MOBIL, adik-adik yang masih kecil dan lucu-lucu ini kelihatan gembira sekali ketika mengecat kardus yang akan dibuat sedemikian rupa sehingga menjadi berbagai macam jenis mobil, yang dapat mereka kendarai, mereka juga takjub ketika menggunting kotak odol bekas menjadi mobil yang bisa mereka mainkan.
Dengan tema BEAUTY & ART, ananda serta bunda-bunda menjadikan kelasnya sebagai butik yang berisikan berbagai pakaian serta asesoris yang tentu terbuat dari bahan-bahan bekas. Seperti kantong semen bekas dibuat menjadi baju dengan pernak-pernik yang cantik, topi dari karton susu, tas dari kalender bekas dan baaaaaaaanyak lagi asesoris yang membuat kita geram untuk memilikinya. Dalam pembuatan benda-benda tersebut ananda sangat bersemangat, seperti ketika mereka menjahit sandal yang terbuat dari kardus bekas mereka sangat menyelami.
Subhanallah, kelas Little Ant Two begitu kreatif dalam pemanfaatan barang-barang bekasdengan tema I LOVE SPORT menjadikan ruangan mereka menjadi berbagai lapangan cabang olahraga serta permainan yang mengasyikkan. juga tidak kurang semangat dengan kelas tetangganya, ananda berlomba-lomba untuk membantu bunda ketika membentuk bola dari kardus bekas.
Ananda serta bunda-bunda di kelas Little Ant Three tidak kalah sibuk dan semangatnya ketika menyobek Koran bekas sekecil mungkin, merendam, memblender, memeras, serta membentuk menjadi buah-buahan yang akan mereka timbang dengan timbangan yang terbuat dari bekas cup teh, mereka sangat bersemangat ketika mengecat di atas air sehingga tidak memperdulikan baju yang bertambah motifnya.. (maksudnya kena tumbahan cat……), ananda juga antusias ketika mengisi kolasi angka dengan kertas bekas yang sebelumnya dicat secara absrak, ada juga kotak susu yang berserakan di kelas Little Ant Three, wow…., mau dibuat apa ya…? Oh… ternyata mereka membuat rumah dari kotak-kotak susu yang berhasil dikumpulkan. Meraka menjadikan kelas sebagai area permainan math yang menyenangkan yang tentu saja disesuaikan dengan tema yang mereka angkat yaitu I CAN DO MATH.

KAMI SENANG MEMBACA itulah tema yang diangkat kelas Little Bee One sebagaimana sesuai dengan kelas mereka yaitu Language class. Ananda Little Bee One juga bersemangat memanfaatkan barang-barang bekas yang telah terkumpul, ananda bermain+belajar yang menyenangkan selama PETIK ini tanpa lelah sedikitpun mereka mengecat, menggunting, mengelem, menciptakan sesuatu yang lebih dapat bermanfaat khususnya untuk pembelajaran language. Banyak sekali yang mereka buat seperti balok-balok huruf, panggung untuk bercerita, memanfaatkan kardus bekas untuk mengenal huruf awal dan akhir, bola kata, abjad duduk yang disertai dengan gambar. Sampai-sampai kelas Littte Bee One penuh dengan permainan yang tentu menyenangkan khusunya untuk pembelajaran language.
Apa yang ananda little Bee Two lakukan dengan gulungan bekas plastik meteran ya….? Oh… setelah tiga hari baru kelihatan bahwa gulungan itu dibuat telepon sederhana, cantiknya dengan warna-warni. Di kelas ini banyak sekali percobaan-percobaan karena sesuaikan dengan kelas keseharian mereka yaitu secience jadi mereka mengambil tema SAINS ITU MENYENANGKAN. Tentu menyenangkan apabila kita dapat mencoba langsung. Di kelas ini ada gunung meletus, bagaimana bisa meletus? Yang gunungnya terbuat dari kertas Koran bekas… ? ada juga juga kereta gantung, kincir angin, bunga teratai yang bisa mekar bila dilempar ke air, berbagai bunyi dan masih banyak lagi….
Dengan tema RESTO & BAKERY, ananda Little Bee Three membuat paha ayam (kayak Upin dan Ipin….) bedanya ayam di kelas ini terbuat dari gabus, ada juga ikan nila bakar, pizza raksasa yang terbuat dari bubur kertas, donat…berbagai macam kue yang sangat mirip dengan bentuk aslinya. Oh ya… di kelas cooking ini ada juga kue yang bisa dimakan hasil dari kerja keras bunda dan ananda, kue itu juga bisa kita makan dengan mengeluarkan uang Rp.1000 kita dapat menikmati berbagai macam kue kreasi ananda. Selamat menikmati….
Little Bee four kelas multimedia apa yang akan mereka buat ya…, dengan memakai baju bermain ananda sangat antusias mengecat gabus…berwarna-warni… sepertiiiiii bentuk laptop, oh iya ternyata mereka memanfaatkan gabus bekas memjadi laptop, miriiiip bener dengan aslinya… mau dikasih merk apa ya….? Ada juga computer, hand phone raksasa, TV yang bisa kita ciptakan sendiri apa acaranya… Subhanallah… kreatif sekali. Dengan teknologi yang canggih sekarang ini kita dapat mendapatkan berita apapun dari manapun di belahan bumi ini. Sesuai dengan tema yang mereka angkat yaitu SEE THE WORLD WITH MULTIMEDIA.


Alhamdulillah, acara puncak telah tiba… yaitu Pameran, yang diawali dengan seremony dengan rangkaian acara pembukaan, kata sambuta dari kepala PG/TKIT AL-FURQON dilanjutkan dengan pengguntingan pita dan diakhiri dengan doa.
Di acara pameran ini ananda dapat menikmati jerih payah mereka selama 2 pekan. Mereka datang dengan semangat didampingi oleh ayah, ibu saudara serta keluarga, tentu tidak dengan pakaian bermain lagi, ananda dengan bangga dan diiringi dengan senyum simpul memperlihatkan hasil karya yang telah mereka kerjakan dengan semangat dan tentu menyenangkan kepada orang tua serta saudara-saudara mereka..
Semoga dengan kegiatan PETIK tahun ini dapat menjadikan ananda lebih kreatif, inovatif lagi….amin, sampai jumpa lagi di PETIK tahun depan….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar