Kamis, 08 September 2011

Ayo Membaca

Judul  Buku  :  Ber3.1.7an
Penulis          :  Gadis, Kika, Vika
Penerbit       :  Penerbit Buku Kompas, 2011
ISBN               :  978-979-709-594-9

Gadis, Vika, dan Kika adalah tiga sahabat yang kemudian bersatu untuk meraih satu tujuan, menerbitkan sebuah buku kumpulan fiksi. Mereka pun berbagi tugas. Gadis mencari inspirasi judul, menetapkan batas waktu selesai, dan mengompilasi cerita. Dua lainnya bertugas menyusun cerita secara bebas berdasarkan judul yang diberikan. Maka terjalinlah 21 cerita pendek yang berawal dari 11 judul.


Simak cerita pertama tentangwaktu, 20.30. Ide ini dikembangkan secara berbeda. Satu penulis menggambarkan harapan, lainnya memilih akhir yang tragis. Cerita penutup terwujud dengan cara yang tidak kalah seru. Vika dan Kika berkolaborasi menulis sebuah cerita pendek. Kika menulis paragraf pertama, Vika melanjutkannya, demikian seterusnya bergantian sampai tamat. Sebuah cara kreatif menyatakan ungkapan hati yang ringan dan menghibur.

SUMBER :
KOMPAS, SELASA, 6 SEPTEMBER 2011

Judul  Buku  :  Writing without Teachers
Penulis          :  Peter Elbow
Penerbit       :  PT indonesia Publishing 2007
ISBN               :  978-979-15586-1-7

Anjuran menulis tanpa guru diposisikan sebagai cara belajar menulis bebas secara berkala. Diawali dengan menulis apapun yang terlintas dalam pikiran selama 10 menit, dan nanti ditingkatn menjadi 15 atau 20 menit. Termasuk mengungkapkannya jika tidak tahu apa yang harus dituliskan. Satu-satunya syarat yang harus dipatuhi adalah jangan pernah berhenti.

Cara paling mudah memulainya adalah dengan membuat catatan harian tanpa perlu menunggu suasana hati yang baik. Dengan latihan, tulisan akan bertumbuh. Bukan hanya jumlah kata yang bertambah, melainkan juga proses berpikir yang akan membantu meneguhkan arah tulisan. Penyuntingan dilakukan setelah mengetahui dengan pasti apa yang ingin dikatakan.

Proses ini memperjelas, menyatukan, dan mengolah kata-kata kedalam struktur yang rapi seraya membuang kata-kata yang tidak diperlukan. (THA/LITBANG KOMPAS)

SUMBER :
KOMPAS, SELASA, 6 SEPTEMBER 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar